oleh

TP PKK Berangkatkan Dua Penderita Ganguan Jiwa

SEMENDAWAI BARAT – Karena prihatin melihat kondisi warganya terkena ganguan jiwa dan harus dirantai oleh pihak keluarga, Tim Pengerak PKK Kabupaten didampibgi Camat Semendawai Barat Arisman langsung memberangkatkan kedua pasien ke Rumah Sakit Jiwa Palembang. Adapun warganya yang di rantai adalah Nukman (35) dan Pani (20) yang juga menderita ganguan jiwa warga Desa Menanga Tengah Kecamatan Semendawai Barat.

Camat Semendawai Barat Arisman mengatakan, memang bebrapa hari yang lalu pihaknya bersama Tim Pengerak PKK OKU Timur yang langsung hadir memberangkatkan kedua pasien ke Rumah Sakit Jiwa Palembang. Karena prihatin melihat kondisi Nukman yang di rantai oleh pihak keluarga.

“Tentunya ini bentuk perhatian pemerintah Kecamatan dan Daerah karena melihat ada warga yang terkena ganguan jiwa dan dirantai. Nukman dirantai oleh pihak keluarga karena sering ngamuk dan terpaksa harus di rantai, maka karena kita prihatin dengan kondisi tersebut maka kita berkordinasi dengan pemerintah daerah untuk membawa pasien ke rumah sakit jiwa di Palembang agar mendapatkan perawatan,” tandasnya.

Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Rusmiati Kholid diwakili wakil ketua satu Lilik Setio Rini Fery yang kebetulan langsung hadir dalam pendampingan pemberangkatan kedua pasien ke rumah sakit jiwa Palembang dirinya menyampaikan, untuk menopang kinerja pemerintah daerah sudah sewajarnya menjadi tugas dan kewajiban untuk memperhatikan kondisi masyrakat yang mendapatkan kesulitan.

“Seperti halnya yang terjadi kepada Nukman dan Pani yang menderita ganguan kejiwaan, karena keluarga yang kurang mampu sehingga membiarkan keduanya di rawat di rumah dan bahkan salah satu pasien ganguan jiwa di rantai 10 tahun lamanya,” ucapnya.

Tentu hal ini menjadi bentuk keprihatinan pemerintah daerah, maka selaku TP PKK kabupaten memberikan bantuan pemberangkatan kedua pasien ke palembang. “Kita berharap kedua pasien mendapatkan pelayanan yang layak di rumah sakit palembang dan segera ada perubahan untuk kesehatan jiwanya,” imbuhnya.

Kemudian Lilik Setio Rini Fery meminta kepada bidan desa agar selalu memantau apa yang menjadi keluahan masyarakat dan itu memang perlu dibantu secepatnya agar segera di laporkan ke PKK desa dan kemudian ke PKK kecamatan serta diteruskan ke PKK kabupaten agar segera ditindak lanjuti.

“Jadi kedepan kalau bidan desa melakukan pemantauan terhadap kondisi yang ada di desa, kita berharap bisa lebih cepat tau apa yang menjadi keluhan di desa dan segera kita lakukan penanganan,” tandasnya.(dira)

Berita Lainya