oleh

Seluruh Kades OKU Timur Ikuti Pelatihan Kepemimpinan

MArtapura- Guna meningkatkan kemampuan dan kinerja para Kepala Desa, Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kepemimpinan kepala desa serta pencegahan penyalahgunaan pengelolaan keuangan desa bersama Lembaga Manajemen Keuangan dan Ilmu Pemerintahan (LMKIP) yang dilaksanakan di Jakarta.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) H Rusman SE MM saat diwawancarai melalui telepon mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan pembelajaran bagi kepala desa agar kedepan kepala desa bisa lebih paham tentang ilmu pemerintahan serta dapat mengelola keuangan desa dengan baik. Mengingat tugas yang dijalankan Kepala desa merupakan tugas yang berat. Sebagai pemimpin yang dipilih langsung oleh masyarkat, kepala desa bertanggungjawab untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakatnya. Kepala desa juga dituntut tanggap dalam membaca peluang anggaran yang bisa disalurkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kepala desa dituntut untuk memiliki kemampuan dan tanggungjawab dalam memajukan dan menjalankan amanahnya untuk mensejahterakan masyarakat.Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan kepala desa kemudian mereka juga paham dalam mengelola keuangan desa, agar desa bisa lebih maju dan berkembang,” ujarnya.

Menurut Rusman kepala desa sebagai pimpinan penyelenggaraan pemerintahan desa, harus memiliki kemampuan dalam memanejemen pemerintahannya. Kemudian dalam menjalankan amanahnya tersebut, kepala desa harus selalu mengacu kepada aturan yang berlaku. Sehingga pemerintahan desa yang dijalankannya tidak melanggar aturan dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Saya mengharapkan kepala desa yang ada di Kabupaten OKU Timur sukses dalam memimpin desanya, dan dapat mempertanggungjawabkannya,” paparnya.

Rusman meminta kepada kepala desa yang hadir untuk dapat mengikuti bimtek ini, dan memaknainya sebagai upaya dalam meningkatkan wawasan dan kapasitasnya dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang efesien dan efektif.(dira)

Berita Lainya