oleh

Peringati Bulan Bahasa, Disdikbud Akan Selenggarakan 14 Tangkai Lomba

MARTAPURA- Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2019. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdibud) OKU Timur akan menyelenggarakan sebanyak 14 tangkai lomba, yang terdiri dari 10 tangkai lomba antar siswa dan 4 tangkai lomba antar guru, baik dari jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP hingga SMA.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin, S.Pd, MM melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Drs Saefudin Zuhri, MM mengatakan, tujuan dilaksanakan berbagai tangkai lomba ini selain untuk memperingati 91 tahun Sumpah Pemuda. Juga sebagai salah satu langkah untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia, serta memelihara semangat dan meningkatkan peran masyarakat luas dalam menangani masalah bahasa dan sastra. Sebab, Bulan Bahasa dan Sastra secara rutin diselenggarakan Kemendikbud setiap Oktober sejak tahun 1980, sebagai bentuk memperingati hari lahirnya Sumpah Pemuda, yang menyepakati Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

“Yang jelas pelaksanaan lomba ini sebagai tidak lanjut dari kebijakan pemerintah pusat. Hanya saja tangkai lomba lebih banyak kita adakan karena untuk meningkatkan pelestarian budaya daerah salah satunya melalui lomba cipta dan baca pantun komering,” jelasnya.

Selain itu, untuk 10 macam tangkai lomba antar siswa yang akan dilaksanakan diantaranya, Lomba Cipta dan Baca Puisi, Lomba Cipta Cerita Pendek, Lomba Story Telling, Lomba Penulisan Feature, Lomba Debat Bahasa Indonesia, Lomba Debat Bahasa Inggris, Lomba Mendongeng, Lomba Film Pendek, Lomba Monolog dan Lomba Cipta dan Baca Pantun Komering. Selanjutnya untuk empat tangkai lomba antar Guru yaitu, Lomba Cipta dan Baca Puisi, Lomba Cipta Cerita Pendek, Lomba Mendongeng serta Lomba Cipta dan Baca Pantun Komering.

Dijelaskannya, mengenai waktu pelaksanaan lomba di tingkat kecamatan atau zona, akan dilaksanakan serentak Sabtu (26/10) mendatang, dengan tempat ditentukan oleh ketua Korwilcam atau ketua zona masing-masing. Sedangkan untuk puncak pelaksanaan lomba tingkat kabupaten OKU Timur dilaksanakan Minggu 3 November 2019, di Taman Singa Apur BK10 Belitang.

“Sebelum pelaksanaan kita juga nantinya akan melakukan rapat persiapan. Diharapkan kegiatan ini bisa sukses dan berjalan dengan baik sesuai dengan tema yang kita usung yaitu dengan meruwat identitas budaya dan tradisi lokal OKU Timur, kita ikut merawat Bahasa dan Sastra Nasional,” pungkasnya. (inz).

Berita Lainya