oleh

Pemkab OKU-LPMP Sumsel akan Perbaiki Mutu Pendidikan

Foto pratikno/ist okut
Teken MoU: Kadiknas OKU, Teddy Meilwansyah disaksikan Bupati OKU, Drs H Kuryana Aziz menandatangani MoU dengan LPMP Sumsel.

*Kadiknas dan Kepala LPMP Teken MoU

BATURAJA-Bupati OKU, Drs H Kuryana Aziz dan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Selatan, Drs Suyoto, MAP, sepakat akan meningkatkan mutu pendidikan di OKU. Ini ditandai dengan penandatanganan Memorendum of Understanding (MoU) antara Pemkab OKU yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Nasional OKU, Teddy Meilwansyah, SSTP, MM dan Kepala LPMP Sumsel, Suyoto. Di kesempatan ini sekaligus paparan tim LPMP dihadapan bupati beserta jajaran mengenai strategi dan pemetaan peningkatan mutu pendidikan di kabupaten OKU, Selasa (9/7) di ruang bina praja.

Acara diawali dengan laporan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU, Teddy Meilwansyah, yang mengungkapkan maksud dan tujuan kedatangan tim dari LPMP Sumsel. “Membangun koordinasi dan konsultasi yang efektif dan berkelanjutan antara diknas dengan LPMP Provinsi Sumsel dalam mengkaji merumuskan kebijakan dan mengimplementasikan program yang berkenaan dengan pembinaan kompetensi guru dan pengembangan metode pengajaran di sekolah,” ujar Teddy.

Dikatakan, pertemuan ini juga untuk memahami program-program yang sudah direncanakan LPMP dalam mendukung pemerintah kabupaten OKU guna menata dan mengembangkan mutu pendidikan tingkat dasar dan menengah, menselaraskan program dan rencana aksi penguatan langkah peningkatan sistem pendidikan dan mutu serta metode pendidikan yang telah dirancang dinas pendidikan kabupaten OKU dengan program pemerintah ( Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia) yang diselenggarakan melalui lembaga penjamin mutu pendidikan ( LPMP) Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara itu, Kepala LPMP Sumsel, Suyoto, memaparkan seputar Tugas dan fungsi LPMP, Program kerja LPMP Sumsel, Pemetaan mutu, pembinaan, pembimbingan dan pendampingan, supervisi guna meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten OKU. Penjaminan mutu berdasarkan standar mutu Permendikbud Nomor 28/2016. “Biasanya penilaian mutu pendidikan harus dengan Pemerintah Pusat tapi sekarang bisa langsung ke LPMP provinsi sumsel dan kami juga akan membantu untuk penilaian angka kredit untuk kenaikan pangkat dari golongan 3b menuju 4b,” kata Suyoto.

Bupati OKU Drs. Kuryana Azis, sangat menyambut baik kedatangan tim dari LPMP. Tenaga pendidikan di OKU masih kurang, hal ini perlu dibutuhkan perbaikan mutu pendidikan, kedepan. “Kita harus ada pemerataan guru di wilayah OKU untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengatasi kekurangan guru di suatu wilayah terkhusus seperti di kecamata ulu ogan, muara jaya, dan peninjauan agar pemerataan untuk memajukan pendidikan dapat kita tingkatkan,” jelas Kuryana.

Kegiatan audiensi ini dilanjutkan Penandatanganan MOU program penjaminan mutu pendidikan antara LPMP provinsi Sumsel dengan Dinas Pendidikan yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan OKU Tedi Melwansyah, Kepala Balitbangda OKU Gunawan Somad, Ketua DPRD OKU Zaplin Ipani. Dilanjutkan penyerahan Piagam Penghargaan dari Dirjen Dikdasmen ke Bupati OKU, Ketua DPRD OKU dan Bapelitbangda Kab OKU.Penyerahan Cinderamata dari LPMP dan Bupati OKU. Tampak Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD OKU, Sekda Kabupaten OKU, Staf Ahli Bupati, Kepala Bapelitbangda OKU, Kepala Inspektorat OKU, Kadin PU PR OKU, Kabag Humas&protokol, Kabag Hukum, Jajaran Diknas OKU. (tikno/pur)

Berita Lainya