oleh

Kelurahan Veteran Gelar Penyuluhan Posyandu Untuk Kesehatan Masyarakat

MARTAPURA- Guna meningkatkan kesehatan masyarakat khusunya bagi kalangan ibu dan anak, serta memberikan pemahaman mengenai asupan gizi balita. KelurahanVeteran, Kecamatan Martapura melakukan kegiatan pemberdayaan kesehatan melalui penyuluhan posytandu kepada masyarakat. Kegiatan dibuka langsung Lurah veteran Mansyur Said, SE, serta  dihadiri puluhan perwakilan masyarakat sekitar. Kegiatan dilaksanakan di halaman Kantor Kelurahan Veteran, Kecamatan Martapura.

Lurah Veteran, Mansyur Said, SE mengatakan, tujuan dilaksanaan kegiatan penyuluhan ini selain untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan ibu hamil dan balita melalui posyandu. Juga sebagai realisasi program kelurahan tentang pemberdayaan kesehatan masyarakat.

“Kegiatan peyuluhan ini selain menambah pengetahuan masyarakat tentang kesehatan, juga mengenalkan cara menjaga asupan gizi ibu hamil dan balita. Hal ini sebagai langkah untuk mengantisipasi agar pertumbuhan anak jangan sampai kekurangan asupan gizi. Sehingga masyarakat dapat senantiasa menjaga kesehatan, serta dapat rutin mengikuti kegiatan posyandu,” jelasnya.

Untuk narasumber kegiatan penyuluhan ini sambungnya, pihaknya bekerjasama dengan tenaga Puskesmas Martapura. Sehingga masyarakat bisa langsung melakukan tanya jawab mengenai program posyandu dan apa saja manfaat dari posyandu tersebut.

“Diharapkan adanya kegiatan ini khususnya masyarakat di Kelurahan Veteran dapat meningkatkan kesehatan, serta dapat membentuk keluarga sehat, bahagia dan cukup akan asupan giszi. Selain itu, kedepan masyarakat dapat meningkatkan kesadarannya akan pentingnya bagi buah hati mengikuti posyandu,” pungkasnya.

Sementara, salah satu narasumber Ida Wati, SKM menambahkan, kegiatan penyuluhan posyandu ini selain untuk memberitahu masyarakat tentang pentingnya bagi anak mengikuti posyandu, juga dijelaskan manfaatnya sejak balita baru lahir hingga umur lima tahun. Serta bagaimana cara menggunakan buku riwayat kesehatan anak yang didapatkan dari posyandu untuk pendaftaran masuk sekolah.

“Yang jelas manfaat dari ikut posyandu ini sangat banyak, terutama untuk kesehatan anak serta membantu tumbuh kembang anak agar tidak kekurangan kekebalan tubuh. Serta meminimalisir kekurangan asupan gizi yang dapat menyebabkan stunting,” jelasnya.

Reni salah satu peserta yang mengikuti kegiatan penyuluhan menambahkan, dirinya sangat menyambut baik adanya kegiatan penyuluhan kesehatan dan posyandu. Sebab, masyarakat masih banyak yang tidak paham pentingnya posyandu bagi anak.

“Kegiatan ini jelas sangat bermanfaat. Selain menambah wawasan tentang bagaimana menjaga kesehatan keluarga, juga untuk menghindari anak dari kekurangan asupan gizi,” pungkasnya. (inz).

PENYULUHAN: Lurah Veteran, Kecamatan Martapura Mansyur Said, SE menyampaikan sambutan saat kegiatan penyuluhan berlangsung.
(FOTO: INDRA OKU TIMURPOS)

Berita Lainya