oleh

Ingin Jadi Taruna, Siapkan Diri Sejak Dini

foto/aderosad

MAGELANG – Setelah merampungkan kunjungan di Akademi Kepolisian (AKPOL) di Semarang pada Rabu (27/11), peserta Wawasan Kebangsaan keesokan harinya Kamis (28/11), melanjutkan agenda sama ke Akademi Militer (AKMIL)  di Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Peserta yang terdiri dari 52 Purna Paskibraka 2019  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dan 20 siswa berprestasi ini, dengan antusias mengunjungi tempat yang menjadi kebangaan anak bangsa tersebut.

Rombongan sendiri diterima Letkol. Drs Dadang Suhara selaku
Kepala Museum dan Kepustakaan AKMIL Abdul Djalil Magelang, Jawa Tengah. “Selamat datang di AKMIL Magelang. Ini adalah museum AKMIL yang dapat memberi inspirasi bagi anak-anak yang ingin menjadi Taruna,” ungkap Dadang sembari menyapa rombobgan di Aula Museum AKMIL Magelang.

Dadang pun menjelaskan, ada syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Taruna. Sayat-syarat ini tentunya harus dipersiapkan sejak dini. Diantaranya nilai akademik yang harus memenuhi standar, kesehatan jasmani dan rohani dan syarat lainnya.

“Pastinya menjadi Taruna AKMIL harus melalui seleksi ketat, untuk mencari calon Taruna terbaik. Oleh karenanya persiapkanlah dari sekarang. Kami tunggu calon Taruna dari Sumsel” kata Dadang dengan penuh semangat. Ia pun mempersilahkan rombongan untuk melihat langsung koleksi berupa benda sejarah dan dokumentasi di museum yang berdiri sejak tahun 1964 tersebut.

Sementara Kadispora Sumsel H Akhmad Yusuf melalui Kabid Pemberdayaan Pemuda Drs Adi Wahyuono, Kabid Pemberdayaan Pemuda Dra Hj Dwi Yani Dharmaputri M.Si dan Kasi Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kemitraan Pemuda Hunce J. Hamzah M.Si mengatakan, kunjunhan ini merupakan hari keempat pada tempat-tempat yang telah ditentukan. Hari ini misalnya di AKMIL Magelang, besok Jum’at (hari ini, red) ke AAU Yogyakarta.

“Sembari melanjutkan perjalanan ke Yogya, rombongan akan mampir ke lokasi wisata Candi Borobudur,”  ujarnya seraya mengatakan diharapkan kunjungan ini memberi semangat, motivasi sekaligus inspirasi bagi siswa siswi untuk menggapai cita-citanya ke depan.

Sekedar mengingatkan rombongan yang ikut dalam program wawasan kebangsaan ini adalah  anggota Purna Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Merah Putih Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan siswa berprestasi.

Dimana ada 52 anggota Paskibraka Pemprov Sumsel terdiri 26 putra dan 26 putri. Dua diantaranya Purna Paskibraka Nasional. Mereka sukses menjalankan tugas sebagai pasukan pengibar bendera pusaka merah putih pada HUT RI ke-74 tahun pada 17 Agustus lalu.

Mereka merupakan siswa dan siswi terbaik perwakilan SMA/SMK/MA dari 17 kabupaten/kota se-Sumsel. Pada program Wawasan Kebangsaan yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumsel, selain mengunjungi objek wisata, juga ke Mabes Polri di Jakarta, AKPOL di Semaranf, AKMIL(Akademi Mikiter) di Magelang dan Akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta.

Sementara 20 siswa dan siswi berprestasi tingkat SMA/SMK/MA dan SMP MTs merupakan pemenang pertama Lomba Menulis Surat untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel H. Herman Deru SH MM dan H Mawardi Yahya, yang digelar awal 2019 lalu digelar serentak se-Sumsel dan berhasil mencetak Rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) kategori Menulis Surat Terbanyak di Kertas Koran diikuti 49 ribu siswa lebih di 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel, digelar koran daerah Sumatera Ekspres (Sumeks) Group. Wawasan Kebangsaan sendiri dilaksanakan dari 25 hingga 30 November.

Dalam kegiatan wawasan kebangsaan ini peserta didampingi Drs Adi Wahyuono MM Kabid Pengembangan Pemuda, Dra Hj Dwi Yani Dharmaputri M.Si, Kabid Pemberdayaan Pemuda, Hunce J. Hamzah M.Si Kasi Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kemitraan Pemuda, Dra Hj Lidya Purnamasari Kasi peningkatan dan Kapasitas Pemuda, Eko Sutarto Kasi Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan, Drs Harun Apriadi MM Kasi Kewirausaha, staf dan para pendamping siswa berprestasi. (asa/rel)

Berita Lainya