by

Bawaslu Segera Tertibkan APK Yang Melanggar

banner 970x250

MARTAPURA- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten OKU Timur dalam waktu dekat akan segera melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) calon anggota DPR, DPD, DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden yang melanggar aturan. Terutama untuk APK yang berbayar seperti bentuk promosi iklan luar ruang dengan ukuran besar atau Billboard. Dimana APK yang boleh dipasang menggunakan billboard hanya APK yang difasilitasi oleh KPU.

Demikian diungkapkan ketua Bawaslu OKU Timur Ahmad Gufron usai melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) kampanye dan persiapan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dalam rangka Pemilu anggota DPR, DPD, DPRD dan Pilpres bersama usur pimpinan daerah diantaranya Kesbang Pol dan Linmas, Kejari, Polri, Pol Pp, Dishub, KPU dan pihak terkait lainnya, yang dilaksanakan di Gedung lantai II Pempek Amanda, Desa Kota Baru Selatan, Kecamatan Martapura, Selasa (12/2).

“Penertiban APK yang menggunakan Billboard dan melanggar Perda akan kita lakukan pada Senin (18/2) mendatang. Hal ini sesuai dengan surat edaran Bawaslu RI dan surat himbauan Bawaslu Provinsi Sumsel bahwa paling lambat penertiban APK dilakukan pada tanggal 18 Februari 2019. Untuk itu kita mengadakan Rakor ini agar tidak terjadi kesalahpahaman saat penertiban berlangsung,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta dukungan seluruh stakeholder untuk mensukseskan hajat pemilu agar terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan bersama. Dimana untuk mensukseskan pemilu bukan hanya tenggung jawab Bawaslu saja melainkan tugas semua unsur yang terkait. Sedangkan untuk proses penertiban dan pelepasan APK pihak Bawaslu OKU Timur juga sudah berkoordinasi bersama Pol PP dan Damkar serta Dinas Perhubungan OKU Timur untuk menertibkan mobil branding.

“Untuk proses penertiban APK yang wajib melepas adalah pihak Pol PP, bukan Bawaslu. Dimana kita hanya memberikan data APK mana yang wajib ditertibkan. Selanjutnya Bawaslu juga hanya mendampingi petugas saat melaksanaan penertiban APK,” jelas Gufron.

Sementara, Kepala Kesbang Pol dan Linmas OKU Timur Fauzi Bakrie, S.Sos menambahkan, pihaknya mengajak semua pihak yang terlibat dalam proses pesta demokrasi pada 17 April mendatang untuk saling mendukung dan berkoordinasi dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu dan jangan sampai berjalan sendiri-sendiri. Sehingga jika terjadi kendala akan lebih mudah diselesaikan.

“Intinya kami dari pihak pemkab OKU Timur akan selalu mendukung apa yang menjadi tanggung jawab KPU dan Bawaslu dalam mensukseskan pemilu. Selain itu dengan adanya rapat koordinasi ini juga bisa bermusyawarah mengenai prosedur dan tindakan apa yang akan di ambil saat penertiban nanti, agar tidak terjadi kesalahpahaman. Sehingga proses Pemilu dapat berjalan dengan lancar,”jelasnya.

Terpisah, Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.Sos.I menambahkan, pihak KPU OKU Timur sangat mengapresiasi atas terlaksanakannya kegiatan rakoor ini. Dimana sesuai dengan PKPU mengenai kampanye ada beberapa metode kampanye yang diatur sesuai dengan pasal-pasal yang terdapat didalamnya. Mengenai ketentuan dan tempat pemasangan APK, KPU OKU Timur juga sudah mengeluarkan surat untuk mengatur tempat pemasangan APK.

“Yang jelas kita menghimbau untuk semua calon anggota DPR, DPD, DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden agar dapat melaksanakan tahapan pemilu sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada, sehingga proses pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan baik,” harapnya. (inz).

Berita Lainya