oleh

Ajak Masyarakat Sukseskan Program Gemar Ikan

MARTAPURA- Untuk menyatupadukan gerak dan langkah semua unsur terkait guna mensukseskan program gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemar Ikan) baik dari tingkat pusat, provinsi sampai kabupaten yang telah dicanangkan secara resmi oleh presiden sejak tahun 2004, Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) OKU Timur mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung pemanfaatan sumber daya ikan, memperkenalkan keanekaragaman makanan berbahan baku ikan serta menyebarluaskan informasi tentang ikan dan kandungan gizi produk olahan perikanan lewat kegiatan lomba masak serba ikan.

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi mengatakan, Kabupaten OKU Timur merupakan daerah yang sangat pontensial untuk pengembangan usaha tambak ikan terutama ikan tawar. Hanya saja menurut Kholid, potensi yang besar ini belum digarap secara maksimal dalam mengembangkan ternak ikan budidaya. Padahal jika dikelola dengan baik akan sangat menguntungkan.

“Potensi hasil ikan budidaya sangat menguntungkan di OKU Timur. Hanya saja potensi ini belum tergarap maksimal. Begitu juga dengan peluang produk pakan ikan masih terbuka dibandingkan pakan hasil pabrik,” ujar Kholid saat membuka Lomba Masak Serba Ikan, yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) OKU Timur kemarin (25/10).

Menurut Kholid, melihat besarnya potensi tambak ikan dan pakan ikan yang sangat menjanjikan ini, ada petambak yang telah sukses mengembangkan tambak ikan hanya dengan lahan yang cukup kecil yaitu 10 x 25 meter yang mampu memghasilkab ikan patin 70 ton per bulan. “Bayangkan jika tambaknya ada dua atau tiga berapa banyak produksi ikan yang dihasilkan setiap bulan, ini sudah terbukti dilakukan oleh petambak ikan patin di Desa Tambak Boyo Kecamatan Buay Madang Timur,” jelas Kholid.

Selain itu lanjut Kholid, peluang pakan ikan yang besar juga sudah ada yang mengawali. Dimana ada petambak ikan yang sukses melakukan pengembangan ikan patin dengan pembuatan fillet ikan yang bekerjasama dengan perusahaan besar. “Selama ada keinginan pasti akan menghasilkan. Apalagi OKU Timur sebagai daerah basis ikan selama ini sudah terbukti baik di sungai maupun ikan yang di dibudidaya di tambak. Melalui kegiatan ini diharapkan semangat mengkonsumsi, memelihara dan berbisnis ikan bisa meningkat,” ucap Kholid.

Sementara, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur H Sujarwanto SP MM mengatakan, tujuan dulaksanakan lomba masak serba ikan selain untuk mendukung pemanfaatan sumber daya ikan dan memperkenalkan keanekaragaman makanan berbahan baku ikan juga diharapkan mampu membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan melibatkan seluruh elemen bangsa guna untuk mencukupi konsumsi ikan per kapita.

Dimana secara nasional komsumsi ikan mencapai 47 kilogram per kapita dan provinsi mencapai 45 kilogram per kapita dan Kabupaten OKU Timur mencapai 38,7 kilogram per kapita per tahun. “Kegiatan ini sekaligus promosi edukatif gemar ikan secara berjenjang dari kabupaten, provinsi dan nasional. Dimana pemenang tingkat kabupaten akan mewakili OKU Timur ditingkat Provinsi pada November mendatang,” ungkapnya.(mg1).

Berita Lainya